insight
Slider

Apa yang dimaksud Low-code No-code Platform? Pengertian dan Perbedaan

30 June 2022 - iSystem Asia
low-code no-code platform

Tidak terlalu banyak perbedaan antara low-code dan no-code platform, dengan adanya tools yang lebih memudahkan development dalam pembuatan aplikasi, testing, sampai deployment membuat proses development akhirnya menjadi lebih cepat dan terhitung mudah. Dan karena hal ini muncul invoasi low-code no-code platform development.

Low-code Platform

Low-code platform singkatnya adalah melakukan development aplikasi dengan sedikit melakukan coding konvensional, lebih cepat dan mudah. Low-code platform dapat digunakan mulai dari desain dan menghubungkan dengan database secara visual dengan mudah.

No-code Platform

No-code platform tidak jauh berbeda dengan low-code platform perbedaannya no-code platform sama sekali tidak menggunakan coding konvensional, semuanya di lakukan melalui UI yang biasanya berupa sebuah web.

No-code sangat mirip dengan low-code yang mengandalkan API eksternal atau berupa widget yang sudah di sediakan.

Perbedaan Low-code dan No-code Platform

Seperti yang dilansir Creatio, Perbedaan utama antara low-code dan no-code platform terletak di sedikit banyaknya coding konvensional yang di butuhkan. Low-code platform development membutuhkan beberapa coding konvensional yang dibutuhkan untuk develop dan menintegrasikan aplikasi, sementara no-code platform development tidak membutuhkan coding konvensional sama sekali. Karena hal ini banyak bisnis yang menggunakan low-code no-code platform, karena terbatasnya keahlian tenaga kerja.

low-code no-code platform

Kenapa Harus Memilih Low-code No-code platform

Solusi bisnis yang ditawarkan lebih murah

Platform ini dinilai lebih murah dari pada pengembangan lainnya, karena menggunakan lebih sedikit tenaga sumber daya yang di gunakan. Low-code no-code platform menyediakan solusi mudah dan siap untuk pengembangan.

Keamanan lebih ditingkatkan

Proyek pengembangan mungkin beberapa memiliki nilai sensitif untuk diekspos yang mungkin ada membutuhkan lebih sedikit tim pengembang, low-code no-code hadir dengan memungkinkan pemilik bisnis untuk mengembangkan aplikasi atau memantau pengembangan secara aman.

Mudah digunakan

Low-code no-code platform ini sangat mudah untuk digunakan, bahkan dengan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan dasar coding. Platform ini meminimalkan penggunaan staff pengembang.

Apakah Low-code No-code Platform dapat Menggantikan “coding konvensional?”

Low-code no-code platform tidaklah hanya dengan mengganti flow development yang ada sebelumnya, karena keterbatasannya fitur yang ada sehingga tidak dapat melakukan customization secara mendalam.

---

Tertarik dengan Low-code No-code Platform?

Low-code no-code sanggup untuk memudahkan dalam para pengembang aplikasi pada proses development agar dapat mempersingkat waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Dari hal tersebut iSystem Asia hadir dengan menyediakan pelayanan aplikasi dengan Low-code No-code Platform yang akan memudahkan keperluan bisnis agar dapat lebih cepat dan efisien. iSystem Asia juga menyediakan beberapa pelayanan lainnya seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kontak yang dibawah.

Diskusikan Kebutuhan Aplikasi Anda Dengan Ahli Kami



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram