insight
Slider

Software CRM Adalah? Pengertian dan Manfaat Untuk Bisnis

28 June 2022 - iSystem Asia
software crm adalah

Digital Bussines di era perkembangan teknologi seperti ini sudah sangat dimudahkan oleh banyak aplikasi dalam pengelolaan bisnis. Salah satunya adalah aplikasi untuk manajemen antara pebisnis dan pelanggan yaitu software CRM (Customer Relationship Management) yang berperan sangat penting bagi suatu bisnis. Software ini dapat mengelola secara mendalam dan terperinci terhadap pelanggan bisnis.

Mengelola bisnis dengan aspek yang berkaitan dengan pelanggan, jadwal pertemuan, report atau laporan, pengiriman email marketing, public relation dapat dilakukan dengan menggunakan Software CRM.

Apa itu CRM?

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management ini merupakan suatu strategi bisnis yang berfungsi untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan, dan untuk mendapatkan pelanggan baru yang tentunya memiliki tujuan baik untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Apa itu Low-code? Penjelasan Lengkap dari Low-code Platform

Software CRM Adalah?

Dengan perkembangan di era teknologi, CRM saat ini berbentuk sebagai Software CRM yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola pelanggan secara detail dan lengkap, serta dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan, melacak penjualan dengan sangat mudah dengan 1 software crm. Dengan Software CRM ini keluhan pelanggan mengenai produk dapat di kelola dengan tepat dan efektif.

Strategi CRM

Strategi CRM ini adalah suatu cara untuk berinteraksi dengan pelanggan untung membangun suatu hubungan dengan pelanggan dengan cara pengumpulan data dan menganalisa sejarah interaksi pelanggan. Menjaga hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dapat mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi selanjutnya dan akhirnya mendapatkan keuntungan.

Saat ini mungkin banyak bisnis yang mengelola informasi pelanggan ini menggunakan spreadsheet, yang dimana hal tersebut menyulitkan untuk membaca sebuah data dan banyak waktu yang akan di habiskan hanya untuk membaca semua informasi pelanggan. Software CRM disini berperan sebagai alat untuk memudahkan dalam membaca atau menganalisa informasi pelanggan dan akan memperluas bisnis.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Software CRM ?

Banyak bisnis atau perusahaan yang kesulitan dalam mengelola informasi pelanggan, penjualan, pemasaran yang dimana masalah ini dapat di selesaikan oleh software CRM.

Kesulitan yang di temukan pada mengelola CRM

1. Kurangnya Sentralisasi

2. Kegagalan Komunikasi

3. Kurangnya Pengetahuan

4. Ketidakmampuan Memenangkan Kesempatan

5. Kepuasan Pelanggan yang Buruk

Baca Juga: Business Process Management atau BPM adalah? Pengertian, Tujuan, dan Manfaat BPM

Manfaat Software CRM untuk Bisnis

Seperti yang di sampaikan oleh Creatio, Software CRM ini memiliki beberapa keuntungan yang terdiri dari:

1. Meningkatkan Penjualan

Dengan adanya Software CRM di suatu bisnis, kepuasan pelanggan akan meningkat dan semakin baik. Kegiatan pemasaran ulang atau (remarketing) dapat di susun dengan rapi oleh sistem yang berdasarkan oleh masing masing kebutuhan pelanggan, hal itu tentu akan dapat meningkatkan penjualan.

2. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dengan menggunakan Software CRM semua aktivitas pekerjaan karyawan tersusun rapi agar dapat memonitor produktivitas perusahaan dengan baik.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan pelayanan cepat dan meningkatnya kepuasan pelanggan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan akan merasa puas jika pelayanan yang di berikan cepat dan baik dengan begitu akan banyak pelanggan yang akan loyal kepada bisnis.

4. Memaksimalkan Kolaborasi

Dengan menggunakan CRM Software dengan sistem yang terintegrasi akan membuat divisi satu dengan yang lainnya akan saling berkomunikasi dengan cepat sehingga dapat mempercepat proses follow-up kebutuhan pelanggan dengan tepat sasaran.

Tugas dari Software CRM

Software CRM memiliki tugas utama untuk membantu bisnis agar dapat memudahkan mencari informasi tentang perilaku pelanggan. Dengan informasi yang di dapatkan akan di kelola untuk evaluasi memperbaiki kegiatan CRM di perusahaan atau bisnis.

Tugas Software CRM lainnya :

1. Mengelola Informasi Pelanggan, Pelayanan, dan Penjualan.

2. Membantu mengambil keputusan seputar CRM. Contohnya, promosi dan penjualan.

3. Melacak prospek penjualan bisnis untuk di analisa.

4. Menangani keluhan dan kebutuhan pelanggan secara cepat dan tepat.

---

Itulah penjelasan tentang Software CRM yang berfungsi sebagai pengelolaan bisnis dengan aspek kepuasan pelanggan, informasi pelanggan, penjualan. Dengan menggunakan Software CRM perusahaan atau bisnis akan dimudahkan dalam membaca dan mengelola informasi pelanggan secara tepat dan cepat agar dapat memberikan keuntungan ke perusahaan.

iSystem Asia hadir dengan menyediakan service integrasi sistem CRM (Customer Relationship Management), banyak fitur yang dimiliki oleh software CRM iSystem Asia yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis perusahaan. iSystem Asia juga menyediakan beberapa pelayanan lainnya seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kontak yang dibawah.

Diskusikan Kebutuhan CRM Anda Dengan Ahli Kami!



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram