insight
Slider

Business Process Management atau BPM adalah? Pengertian, Tujuan, dan Manfaat BPM

21 June 2022 - iSystem Asia
bpm adalah

Business Process Management atau yang biasa di sebut dengan BPM adalah suatu hal yang dapat membantu bisnis dalam mengelola keuntungan agar menjadi maksimal dan unggul dari pesaing.

Menurut Wikipedia BPM adalah suatu metode yang mampu mendukung alur kerja yang dibutuhkan agar bisa menjalankan bisnis yang sukses. Anda bisa melakukan investasi pada software atau aplikasi BPM untuk seluruh lini bisnis, mulai dari pengendalian, desain, dan bahkan untuk analisis data dan performa.

Dengan tidak ada nya sistem BPM dalam mengelola bisnis, maka bisnis yang di miliki tidak dapat bersaing di tengah pasar yang ketat, karna perusahaan saat ini sedang berlomba untuk menggunakan aplikasi BPM untuk memaksimalkan bisnis.

PENGERTIAN BPM ADALAH ?

BPM adalah suatu aspek dari manajemen operasi bisnis yang di lakukan oleh perusahaan yang di gunakan untuk memaksimalkan keperluan peningkatan performa, efisiensi, dan efektivitas proses manajemen bisnis agar bisa memaksimalkan proses bisnis yang dimiliki.

Setiap perusahaan pastinya membutuhkan proses bisnisnya sendiri, dan BPM adalah hal yang tepat untuk digunakan dalam hal untuk mengelola dan menjalankan bisnis dengan maksimal.

Banyak kesulitan yang terjadi jika tidak menerapkan BPM contoh yang sering ditemukan adalah tidak efisien, redundancy, stagansi dan banyak lainnya.

Oleh karna itu BPM hadir untuk mengatasi berbagai dari masalah tersebut, karna dengan merapkan BPM dapat membantu dalam menangani beberapa hal meliputi mengawasi dan mengontrol berbagai aspek yang berada di proses bisnis mulai dari workflow, pemasok, pelanggan, sampai mengelola karyawan yang ada.

TUJUAN DARI BPM

Tujuan dari BPM adalah untuk terus memaksimalkan proses bisnis dengan mempelajari, mengidentifikasi, mengubah dan memantau proses agar dapat memastikan bahwa bisnis berjalan dengan baik.

Langkah Langkah dari Aplikasi BPM adalah :

1. Desain

2. Pemodelan

3. Eksekusi

4. Monitoring

5. Optimalisasi

6. Desain Ulang

MANFAAT DARI BPM

Meningkatkan Kemampuan Berbisnis

BPM adalah suatu sistem untuk menjalankan suatu bisnis dapat lebih siap dalam mengimbangi beberapa perubahan pada kondisi pasar. Dan dengan BPM bisnis dapat dengan mudah beradaptasi dengan kondisi perubahan pasar.

Efisiensi Biaya dan Meningkatkan Keuntungan

Menggunakan BPM dalam bisnis dapat mengefisiensikan pengeluaran biaya yang terjadi pada proses bisnis. Serta BPM dapat meningkatkan kualitas dan kinerja dari SDM yang ada dan meningkatnya produktivitas yang ada di perusahaan tersebut yang tentunya dapat mempengaruhi keuntungan.

Peningkatan Proses Bisnis

Manfaat lain dari BPM adalah akan mempermudah stakeholder yang terkait untuk mendapatkan informasi seperti pertanggungjawaban dalam suatu usaha karna mengedepankan integrasi yang tepat dari awal proses sampai akhir proses bisnis.

Visibilitas yang Baik

Menggunakan sistem BPM tentunya dapat memudahkan pengamatan kinerja karna akan selalu memberikan informasi terupdate.

Peningkatan Kedisplinan, Keselamatan, dan Keamanan

Untuk pemimpin perusahaan pasti membutuhkan laporan berupa laporan keuangan, undang – undang, serta peraturan yang harus di taati. Dengan menggunakan BPM atau Business Prosess Management akan di pastikan bahwa bisnis perusahaan sudah dalam kaidah hukum dengan ini sudah dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang dapat mengancam keselamatan seluruh pegawai.

Langkah Business Process Management (BPM)

Untuk menerapkan business process management ke dalam bisnis atau perusahaan, diperlukan beberapa langkah dan tahapan yang dapat membantu keberlangsungan proses penerapannya. Antara lain :

bpm adalah

1. Perencanaan dan Strategi

Untuk memulai suatu proses pastinya diperlukan perencanaan dan strategi yang tepat agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan yang di inginkan. Hal ini juga tentunya berpengaruh dalam proses bisnis, Di perlukan sebuah rencara yang sudah matang dan strategi yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan atau konsumen.

2. Desain Proses Bisnis

Tahapan selanjutnya adalah merupakan sebuah tahapan yang memberikan gambaran secara jelas dari suatu proses bisnis di perusahaan.

3. Implementasi

Setalah merancang dan menentukan desain proses bisnis, tahapan selanjutnya adalah melakukan implementasi proses tersebut di dalam menjalankan bisnis.

4. Pemantauan

Tahapan berikutnya setelah menerapkan sistem business process management adalah dengan melakukan pemantauan. Setelah melakukan proses implementasi ke dalam proses bisnis, di perlukan pelacakan dan pemantauan yang dilakukan secara terus menerus. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk memastikan keberhasilan dari proses yang sudah di terapkan.

5. Perbaikan dan Pengembangan

Untuk tahapan terakhir yang di perlukan dari business process management adalah memperbaiki dan mengembangkan proses yang sudah ada. Di sistem BPM, sangat memungkinkan bila suatu bisnis mempertahankan kualitas serta kinerja dari proses yang sudah ada sebelumnya. Melalui tahapan pemantauan, maka dapat di tentukan apakah sebuah bisnis memerlukan inovasi atau peningkatan terhadap proses yang sudah berjalan.

---

Itu dia pengertian dari BPM atau Business Process Management. Jadi, BPM adalah suatu aspek dari managemen bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dan digunakan untuk meningkatkan performa, efisiensi, dan efektivitas dari proses bisnis agar proses bisnis dapat berjaland dengan maksimal.

Namun jangan khawatir, iSystem Asia menyediakan service untuk BPM Technology System untuk mengelola bisnis anda dengan berbagai fitur yang dapat membuat operasional bisnis anda dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Selain itu iSystem Asia juga menyediakan beberapa service lainnya. Seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya, silahkan hubungi kontak di bawah.

Diskusikan Kebutuhan BPM Anda Dengan Ahli Kami!



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram