insight
Slider

Apa itu Low-code? Penjelasan Lengkap dari Low-code Platform

24 June 2022 - iSystem Asia
low-code platform

Pada dasarnya, tidak terlalu banyak perbedaan membuat aplikasi dengan low-code platform atau dengan pengembangan coding yang biasa dipakai. Tapi berbeda dengan coding konvensional, low-code platform dapat membuat seorang pengembang dapat langsung berkreasi membuat suatu aplikasi yang baru dan memiliki nilai, tanpa harus melakukan coding konvensional.

Penjelasan Low-Code Platform

Low-code platform merupakan cara cepat untuk membuat, mendesain, dan mengembangkan suatu aplikasi software dengan sedikit bahasa pemrograman. Dengan menggunakan low-code platform, mengembangkan aplikasi menjadi lebih efektif dan efisien dari segi waktu.

Cara kerja Low-code Platform

Cara kerja low-code platform adalah dengan memiliki beberapa tools yang sudah disediakan untuk para pengembang aplikasi membuat halaman antarmuka dengan melakukan drag and drop. Low-code platform dapat membuat para pengembang aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat dalam membangun sebuah aplikasi yang modern tanpa memikirkan kode sintaksis (syntax) yang sulit.

Komponen yang ada di dalam Low-code Platform:

1. Application Lifecycle Manager yang merupakan sebuah tools untuk mengembangkan, membuat, menyebarkan, dan memelihara aplikasi pada fase testing, staging, dan production.

2. Integrated Development Environment atau yang disingkat IDE ini memiliki sifat visual, yang artinya menentukan UI (User Interface), workflow, model data untuk aplikasi yang akan di buat secara modern. Namun, jika dibutuhkan seorang pengembang dapat menambahkan beberapa kode yang bisa di tulis secara manual.

3. Connector ini berfungsi sebagai penyambung antara system back end dan secara otomatis melayani struktur, penyimpanan, dan pemanggilan data.

Fitur dan Manfaat Menggunakan Low-code Platform

Seperti yang disampaikan oleh salah satu developer low-code platform yaitu Creatio. Low-code platform memiliki beberapa fitur yaitu :

Visual Modeling

Mempercepat pengembangan aplikasi dengan UI yang modern dan fitur drag and drop. Tidak mempunyai kesalahan syntax code, tidak perlu membuat kode yang kompleks. Dapat menambahkan kode yang di inginkan secara bebas.

Integrasi Tinggi

Menghubungkan sistem dengan mudah dan mempusatkan data yang dimiliki secara digital. Gunakan Connector yang sudah siap pakai untuk mengaktifkan integrasi 2 arah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Buat integrasi khusus dengan menggunakan API seperti REST, SOAP, dan RPC untuk mengambil data secara otomatis. Menangani pembaruan struktur basis data, menjalankan workflow yang sudah di tentukan. Dengan menggabungkan antara Open API dan Visual Modeling dapat mempercepat sampai 10x untuk menciptakan pengalaman digital baru dan memoderenkan sistem lama.

Security

Membuat aplikasi yang aman adalah keinginan standart setiap perusahaan, dengan menggunakan low-code platform sistem keamanan yang dimiliki sudah di konfigurasi sehingga sudah siap untuk di pakai. Low-code platform memiliki fitur keamanan tingkat tinggi seperti SOC, PCI-DSS, HIPAA, GDPR. Semua fitur dapat memberikan semua visibilitas tentang aktifitas yang sedang berlangsung di platform.

low-code platform

Industri yang Cocok Untuk Menggunakan Low-code Platform

1. Pelayanan Financial

2. Perusahaan Manufactur / Pembanguunan

3. Logistics dan Transportasi

4. Penyedia Layanan Komunikasi

5. Perusahaan High-Tech

6. Pelayanan Bisnis

---

Nah itu dia penjelasan tentang Low-code platform, Low-code platform adalah salah satu cara untuk para pengembang aplikasi untuk menemukan kemudahan dalam menyelesaikan masalah. Para pengembang aplikasi dapat memotong beberapa watu untuk pengembangan aplikasi agar menjadi lebih efektif dan efisien dalam segi penggunaan waktu.

Namun low-code tidak mengurangi kemampuan para pembuat atau pengembang aplikasi, melainkan meningkatkan kemampuan tentang penggunaan dan pengalaman. Maka dari itu, iSystem Asia menyediakan pelananan aplikasi dengan Low-code Platform yang akan memudahkan keperluan bisnis agar dapat lebih cepat dan efisien. iSystem Asia juga menyediakan beberapa pelayanan lainnya seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kontak yang dibawah.

Diskusikan Kebutuhan Aplikasi Anda Dengan Ahli Kami!



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram