insight
Slider

Apa itu CRM? Penjelasan Lengkap Tentang CRM

7 July 2022 - iSystem Asia
crm

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management yang merupakan sebuah sistem untuk mengelola hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak pelanggan. Sistem CRM ini dibuat untuk memaksimalkan hubungan komunikasi dan pemasaran perusahaan untuk mempertahankan pelanggan atau untuk mencari calon pelanggan. Saat ini belum banyak perusahaan yang tahu tentang penjelasan, manfaat, dan tujuan dari CRM (Customer Relationship Management).

Untuk itu, iSystem Asia akan menjelaskan secara detail tentang sejarah, penjelasan, manfaat, tujuan, serta contoh penerapan pada perusahaan.

Sejarah Singkat CRM (Customer Relationship Management)

Pada awal tahun 1970 ketika bisnis atau perusahaan memiliki pendapat bahwa lebih baik menjadi “pelanggan empatik” daripada “produk empatik”, kemudian sistem CRM lahir karena pendapat ini. Sistem CRM memiliki gambaran sebagai perusahaan yang penuh dengan informasi yang lengkap untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Apa itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu sistem strategi bisnis yang menggabungkan antara proses, manusia, dan teknologi. Membantu pemasaran bisnis untuk menarik calon pelanggan/prospek agar menjadi pelanggan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada agar pelanggan memiliki rasa loyal dan puas.

Baca Juga: Software CRM Terbaik 2022 - iSystemasia

Tujuan dari CRM

Tujuan dari CRM adalah untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan pelanggan dan mencari informasi perilaku pelanggan untuk digunakan sebagai pelayanan dan mempertahankan hubungan. Banyak perusahaan atau bisnis yang kesulitan dalam mencari informasi kebutuhan pelanggan.

Manfaat dari CRM

Beberapa manfaat dari CRM adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan

Dengan menggunakan CRM, hubungan antara perusahaan dan pelanggan akan terjalin dengan baik yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan terdapat perusahaan. Informasi tentang kebutuhan pelanggan yang lengkap akan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Perusahaan harus memberikan pelayanan yang baik dan meningkatkan kualitas produk agar pelanggan akan tetap loyal terhadap perusahaan.

2. Operasional dan biaya bisnis menjadi lebih efisien

CRM memiliki manfaat untuk dapat menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Hal tersebut akan tercatat dengan detail yang dapat membantu mengurangi biaya produksi.

3. Time to Market secara tepat

CRM dapat mendata setiap kebutuhan pelanggan seperti perilaku pelanggan dan pembelian. CRM juga dapat menentukan waktu yang tepat untuk memasarkan produk, yang berguna untuk tim pemasaran merencanakan metode yang efektif.

Dengan penerapan yang tepat CRM akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang akan memberikan keuntungan secara optimal.

Contoh CRM

CRM Website

Berbentuk sebuah form pertanyaan didalam sebuah website, hasil dari pertanyaan tersebut akan di tampung ke dalam database perusahaan yang nantinya akan diolah dan menjadi feedback.

CRM pada Email Marketing

Email langganan pada sistem CRM adalah salah satu metode pemasaran untuk menarik perhatian dari pelanggan.

CRM pada Aplikasi

CRM pada aplikasi ini biasanya berbentuk sebagai rating dan kolom komen, rating tersebut berfungsi sebagai tolak ukur dari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang di berikan.

Software CRM

Pada era teknologi sekarang ini, Sistem CRM kini berbentuk sebagai sebuah aplikasi/software yang sekarang menjadi kebutuhan yang di perlukan oleh perusahaan atau bisnis. Software CRM ini jauh lebih optimal karna mampu mengelola data pelanggan agar menjadi informasi kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan software CRM ini keluhan dan kebutuhan pelanggan mengenai produk dapat di kelola secara tepat.

Baca Juga: Apa yang dimaksud Low-code No-code Platform? Pengertian dan Perbedaan

Manfaat Software CRM untuk Bisnis

Seperti yang di sampaikan oleh Creatio, Software CRM ini memiliki beberapa keuntungan yang terdiri dari:

1. Meningkatkan Penjualan

Dengan adanya Software CRM di suatu bisnis, kepuasan pelanggan akan meningkat dan semakin baik. Kegiatan pemasaran ulang atau (remarketing) dapat di susun dengan rapi oleh sistem yang berdasarkan oleh masing masing kebutuhan pelanggan, hal itu tentu akan dapat meningkatkan penjualan.

2. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dengan menggunakan Software CRM semua aktivitas pekerjaan karyawan tersusun rapi agar dapat memonitor produktivitas perusahaan dengan baik.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan pelayanan cepat dan meningkatnya kepuasan pelanggan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan akan merasa puas jika pelayanan yang di berikan cepat dan baik dengan begitu akan banyak pelanggan yang akan loyal kepada bisnis.

4. Memaksimalkan Kolaborasi

Dengan menggunakan CRM Software dengan sistem yang terintegrasi akan membuat divisi satu dengan yang lainnya akan saling berkomunikasi dengan cepat sehingga dapat mempercepat proses follow-up kebutuhan pelanggan dengan tepat sasaran.

iSystem Asia hadir dengan menyediakan service integrasi sistem CRM (Customer Relationship Management), banyak fitur yang dimiliki oleh software CRM iSystem Asia yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis perusahaan. iSystem Asia juga menyediakan beberapa pelayanan lainnya seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kontak yang dibawah.

Baca Juga: Software CRM Adalah? Pengertian dan Manfaat Untuk Bisnis

Diskusikan Kebutuhan CRM Anda Dengan Ahli Kami!



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram