insight
Slider

Pentingnya Strategi CRM Bagi Bisnis Retail

8 February 2021 - iSystem Asia
crm retail

Industri retail di Indonesia kini makin terancam akibat perkembangan e-commerce yang pesat. Bahkan beberapa diantaranya sudah menyatakan gulung tikar karena terus menerus merugi.

Padahal kerugian tersebut dapat teratasi apabila para pelaku bisnis retail mau beradaptasi dengan menerapkan strategi yang tepat. Salah satunya, menggunakan strategi pengelolaan hubungan pelanggan atau biasa disebut Customer Relationship Management (CRM).

Tapi mengapa sistem CRM dapat membantu industri retail? Berikut ini alasannya.

Aplikasi CRM Membuat Proses Bisnis Jadi Efektif dan Efisien

Ini disebabkan CRM membuat bagian marketing dan bagian sales bekerja secara kolaborasi, dalam waktu yang sama dan menggunakan data pelanggan yang sama.

Di bagian marketing, Aplikasi CRM dapat menjadi sebuah alat untuk mengelola dan melaksanakan kampanye marketing, mengotomatisasi transaksi dan mengelola konten berdasarkan big data dan analitik prediktif.

Di saat bersamaan, untuk bagian sales, aplikasi CRM dapat memberikan akses tentang sasaran penjualan, data personalisasi, standar penetapan harga, dan arahan otomatis.

Dengan berkolaborasinya kedua bagian tersebut, proses bisnis jadi lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya bisnis perusahaan Anda.

Baca Juga: CRM Workshop : PT Astra Honda Motor

Sajikan Layanan Pelanggan yang Baik

Bagian pelayanan pelanggan adalah bagian yang kurang diperhatikan oleh para pelaku bisnis retail. Mereka menganggap bahwa bagian ini hanya untuk menerima keluhan belaka.

Padahal bagian pelayanan pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan loyalitas pelanggan pada produk atau jasa Anda, tak hanya menangani keluhan pelanggan tapi juga untuk mengetahui data personal pelanggan.

Pentingnya bagian layanan pelanggan dalam sebuah perusahaan pernah diuji oleh New Voice Media. Mereka menemukan bahwa loyalitas pelanggan beberapa perusahaan di Amerika dapat menurun akibat satu pengalaman yang buruk.

Namun tenang saja. Anda meminimalkan risiko itu dengan memakai aplikasi CRM. Pasalnya dengan aplikasi CRM, perusahaan anda tidak hanya menjadi bisnis transaksional, tapi juga membentuk hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Baca Juga: Teknologi Ini Bantu Pola Kerja Industri Kian Cepat

Anda Punya Kesempatan Memiliki Manajemen Big Data

Sebagian besar pelaku bisnis retail, Manajemen Big Data perlu cost yang mahal. Padahal aplikasi CRM memungkinkan Anda mendapatkan dan mengelola Big Data para pelanggan Anda.

Asal anda tahu, menurut McKinsey, Big Data dapat meningkatkan margin retailer bersih sebesar 60%. Dengan menggunakan analitik secara efektif dapat meningkatkan efisiensi dalam mengelola beberapa bagian di ritel, termasuk: segmentasi pelanggan, akuisisi pelanggan, rekomendasi produk, pemasaran ulang, strategi penetapan harga, rantai pasokan, dan manajemen inventaris.

Selain itu, lewat keberadaan Big Data, anda membuka proses berbisnis yang lebih cerdas, lebih sensitif secara kontekstual.

Baca Juga: Bagaimana CRM Mengubah Amazon Jadi Perusahaan Raksasa?

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Lewat Program

Program loyalitas adalah alat yang ampuh untuk pelaku bisnis retail, tetapi kurang dimanfaatkan. Padahal penelitian oleh Colloquy menunjukkan bahwa hanya 42% dari keanggotaan program loyalitas yang secara aktif berpartisipasi.

Di sini, aplikasi CRM adalah metode utama dalam mengimplementasikan dan mengelola program loyalitas pelanggan. Dengan menggunakan program loyalitas CRM, Anda dapat mendaftarkan anggota dan mengelola profil mereka, menentukan tingkatan hadiah, menganalisis perilaku pelanggan, dan banyak lagi.

Anda juga dapat membuat akses bagi pelanggan agar dapat melihat status hadiah mereka saat ini, merujuk teman, menebus hadiah, dan melihat riwayat transaksi mereka.

Dari berbagai alasan di atas, pada akhirnya aplikasi CRM sangat diperlukan industri ritel untuk membentuk hubungan yang tahan lama, bermakna, dan menguntungkan dengan pelanggan.

Bagaimana dengan bisnis Anda?Sudah menggunakan aplikasi CRM? Jangan khawatir, iSystem Asia hadir dengan menyediakan service integrasi sistem CRM (Customer Relationship Management), banyak fitur yang dimiliki oleh software CRM iSystem Asia yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis perusahaan. iSystem Asia juga menyediakan beberapa pelayanan lainnya seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kontak yang dibawah.

 

 

Diskusikan Kebutuhan CRM Anda Dengan Ahli Kami!



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram