Slider

Pelatihan “Digital Customer Experience (CX) for Leaders” di Salah Satu Anak Perusahaan Astra

18 February 2020

Dengan dunia yang semakin digital, media sosial kini menjadi forum bagi para pelanggan untuk mendiskusikan layanan, memberikan pujian, kritik, dan saran secara terbuka kepada perusahaan. Sebuah dimensi baru "word of mouth" yang bisa menjadi pedang bermata dua bagi perusahaan.

Perusahaan yang baik tentu mampu mengidentifikasi peluang baru ini dengan semakin meningkatkan layanan pelanggan secara digital. Inilah yang mendorong PT Serasi Autoraya, salah satu anak perusahaan ASTRA GROUP untuk melaksanakan in-house training Digital Customer Experience (CX) Class for Leader.

PT Serasi Autoraya (SERA) adalah perusahaan yang  bertumbuh dan bertransformasi secara progresif. Mulanya merupakan perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini SERA telah menjadi jasa solusi transportasi, penjualan kendaraan bekas, dan jasa pengelolaan logistik. SERA menilai bahwa pelayanan pelanggan yang baik berperan penting dalam perkembangan usaha mereka.

In-house training ini digelar di GRHA SERA, Jl. Mitra Sunter Boulevard Kav 90/C2, Sunter Jaya, Jakarta Utara. Pada 12-13 Februari 2020, sebanyak 35 peserta pelatihan mengikuti Digital Customer Experience (CX) Class for Leader bersama Dr. Paul Leow, DBA, P.CRM, seorang ahli CRM (Customer Relationship Management), akademisi, dan praktisi yang juga berpengalaman di bidang transportasi.

Para peserta pelatihan ini merupakan pemimpin-pemimpin departemen yang nantinya akan membimbing anak buah mereka dalam praktek pelayanan pelanggan secara digital. Mereka adalah para kepala dari AP & Cash Management Department, Business Control Department, Risk Management Department, System Integration Department, Department, Product Development Department, Finance Accounting Department, Customer Experience Management Department, Corp Customer Relation Division, Digital Marketing Department, Business Development Department, HR Department, Corp Fleet Management Division, dan IT Department.

CRM sendiri merupakan sebuah manajemen yang menempatkan pelanggan dalam nilai kehidupan, yang kemudian terus berkembang dan bercabang. Salah satunya adalah menjadi Social CRM yang mengkorporasikan teknologi dan strategi baru yang lebih mengena pada kehidupan yang semakin digital ini. Dengan mengaplikasikan strategi ke dalam kanal media sosial, SERA akan mampu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan secara real-time.

Paul Greenberg, seorang ahli CRM, mendefinisikan Social CRM sebagai:

“Melibatkan pelanggan dalam percakapan yang kolaboratif dalam rangka memberikan penilaian yang saling menguntungkan dalam lingkungan bisnis yang terpercaya dan transparan."

Mendengarkan, menanggapi, membangun hubungan dengan pelanggan akan membuka kesempatan bagi SERA untuk berkembang lebih pesat lagi di masa depan.

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram