Slider

5 Alasan Mengapa Anda Harus Fokus Pada Pangsa Pelanggan, Bukan Pangsa Pasar.

13 January 2016 - Aina Neva Fiati SE, CCP, PCRM

Menurut William J.S, pangsa pasar (Market Share) dapat diartikan sebagai bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan, atau prosentasi penjualan suatu perusahaan terhadap total penjualan para pesaing terbesarnya pada waktu dan tempat tertentu.

Pangsa pasar akan mengingatkan kita akan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang dikenal dengan the Four Ps, yaitu Product (Produk), Place (Tempat), Price (Harga) dan Promotion (Promosi). Traditional marketing akan berfokus pada the Four Ps ini dalam usahanya memaksimalkan laba. Perusahaan akan saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan baru dan pada akhirnya dapat merebut pangsa pasar paling besar. Sehingga banyak pihak yang memperlakukan pangsa pasar sebagai alat ukur kesuksesan perusahaan.

Namun yang perlu diingat, mengharapkan pertumbuhan bisnis dengan cara memperoleh pelanggan baru adalah cara yang paling sulit, berisiko, kurang menguntungkan dan kurang efisien. Karena akan menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga dan uang untuk mengembangkan bisnis dari yang semestinya. Hasil statistik menunjukkan bahwa rata-rata perusahaan Amerika menghabiskan biaya 7 kali lipat lebih banyak untuk menggaet para pelanggan baru daripada mencoba mempertahankan pelanggan yang ada.

About Author

Managing Director of iSystem Asia/PT Inter Sistem Asia, Management & IT consulting company, specializing in CRM & Business Process Management.

More than 20 years professional experiences in the IT, CRM, sales & marketing and business development from the ground up-starting with the very start-up phases all the way to the managerial phases. Various industries background, include: IT, manufacture, telecommunication, financial services.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram