Slider

iSystem Asia Mendukung Rencana Kajian Stakeholder Journey Dalam Rangka Operasionalisasi CRM Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Contact Center Bank Indonesia BICARA 131

9 April 2021

Jakarta, 14 Desember 2020 – Bank Indonesia (BI) dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, yang mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia melaksanakan kebijakan moneter secara berkelanjutan, konsisten, transparan, dan harus mempertimbangkan kebijakan umum Pemerintah di bidang perekonomian.

Dalam hal menyosialisasikan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia (BI) dengan prinsip akuntabilitas dan transparansi, Bank Indonesia secara aktif menyediakan Layanan Informasi Publik (LIP) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui fungsi dan tugas Bank Indonesia serta mencari informasi publik yang dimiliki Bank Indonesia.

Di tengah Revolusi Industri 4.0 saat ini, pelanggan atau stakeholder semakin berada di pusat ekonomi dan bisnis, yang semuanya berkaitan dengan peningkatan cara stakeholder dilayani. Selain itu, produk dan layanan fisik kini dapat ditingkatkan dengan kemampuan digital yang meningkatkan nilainya. Seperti saat ini, perilaku pelanggan yang menginginkan pengalaman (experience) yang lebih menarik, berkesan dan senantiasa berubah, menjadi tantangan setiap industri termasuk Bank Indonesia yang tidak terlepas dari tantangan tersebut.

Karena perannya yang strategis dan melihat tantangan tersebut, manajemen Layanan Informasi Publik & Komunikasi Digital Bank Indonesia merasa perlu untuk mengadakan kajian Stakeholder Journey dalam rangka operasionalisasi CRM sebagai upaya optimalisasi layanan Contact Center Bicara 131, dalam ruang lingkup pekerjaan Blueprint Stakeholders Experience Contact Center Bank Indonesia BICARA 131. Langkah strategis ini ditandai dengan Project Kick-off pada 14 Desember 2020 di Jakarta oleh Layanan Informasi Publik & Komunikasi Digital Bank Indonesia dan iSystem Asia.

Kajian Stakeholders Experience ini diselenggarakan untuk melakukan serangkaian asesmen atas kondisi saat ini di contact center BICARA 131 untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masing-masing kelompok stakeholder pada saat memberikan pelayanan. iSystem Asia selaku konsultan yang melaksanakan kajian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi terkait strategi bisnis dan action plan, roadmap, organisasi, sumber daya manusia, proses, dan metrics dalam analisis stakeholders journey yang dapat memberikan acuan Bank Indonesia dalam upaya mewujudkan stakeholder experience yang baik ke depannya.

iSystem Asia dengan senang hati mendukung langkah Bank Indonesia (BI). “Di tengah tren budaya customer experience dan digital transformation saat ini dibutuhkan suatu upaya dari perusahaan/bisnis/brand dalam hal corporate strategy berdasarkan customer experience hingga roadmap penerapan strategi customer experience untuk meningkatkan pengalaman pelanggan,” kata Aina Neva Fiati selaku Managing Director iSystem Asia.

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram