insight
Slider

7 Cara Lengkap Untuk Memulai Bisnis Sendiri – iSystem Asia

6 September 2022 - iSystem Asia
7 Cara Lengkap Untuk Memulai Bisnis Sendiri

Saat ingin memulai sebuah bisnis, seseorang harus mempunyai keyakinan yang kuat untuk melakukan beberapa cara agar bisnisnya dapat bertahan dan berkembang. Cara memulai bisnis mungkin terlihat sulit untuk orang yang baru ingin terjun ke dunia bisnis. Dalam memulai bisnis sendiri, di perlukan wawasan dan pengetahuan serta komitmen yang kuat.

Ada banyak hal lain yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. Cara memulai bisnis menjadi hal penting untuk di perhatikan langkah demi langkahnya.

Tips Lengkap untuk Memulai Bisnis Sendiri

Berikut ini adalah cara untuk memulai bisnis yang dapat Anda ikuti.

1. Tentukan Jenis Bisnis

Langkah paling pertama dalam memulai sebuah bisnis adalah dengan menentukan jenis bisnis yang akan di kelola. Anda dapat menentukan bisnis sesuai dengan apa yang Anda sukai. Hal ini di perlukan agar memudahkan dalam membuat produk yang berkualitas atau jasa yang baik. Untuk memulainya Anda dapat menempatkan diri Anda sebagai pelanggan setia yang membutuhkan produk Anda yang memiliki kualitas yang baik.

2. Lakukan Riset

Setelah Anda menentukan jenis bisnis Anda, cara untuk memulai bisnis selanjutnya adalah dengan melakukan riset agar Anda dapat mengetahui semua hal tentang bisnis yang akan Anda kelola. Riset ini juga berguna untuk menentukan trend yang sedang diminati oleh para konsumen, dengan begitu strategi bisnis Anda dapat tepat sasaran dan dapat memberikan keuntungan pada bisnis Anda.

Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran ini Dapat Meningkatkan Penjualan

3. Buat Perencanaan Bisnis

Sebelum mengaplikasikan ide bisnis yang sudah di tentukan menjadi kenyataan, Anda harus membuat perencanaan bisnis yang matang untuk dapat memandu Anda dalam memulai bisnis dari awal sampai pembentukan rencana pengembangan bisnis Anda.

Jika Anda ingin mencari investor, rencana bisnis ini sangat dibutuhkan. Karena dengan perencanaan bisnis ini para investor dapat melihat prospek bisnis yang akan Anda jalankan.

4. Buat Anggaran

Dalam cara memulai bisnis untuk pemula, Anda membutuhkan pencatatan keuangan. Hal ini penting bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis, Anda harus membuat anggaran terlebih dahulu terkait dengan alur kerja operasional. Anggaran ini berfungsi untuk Anda dalam memulai sebuah bisnis sendiri dengan baik dan benar agar tidak melampaui budget atau modal yang Anda miliki.

5. Tentukan Waktu Untuk Memulai Bisnis

Tahapan Cara memulai bisnis selanjutnya adalah menentukan waktu untuk memulai bisnis Anda, hal ini diperlukan karena Anda tidak dapat terburu-buru untuk memulai bisnis.  Memulai sebuah bisnis bukan hal main-main, Anda harus memperhitungkan dengan cermat, Anda bisa saja mengalami kerugian jika terjadi kesalahan dalam perhitungan.

Contohnya, jika saat mendekati hari raya Idul Fitri, bisnis yang paling tepat adalah dengan berjualan busana muslim dan kue-kue kering lebaran. Dari contoh tersebut Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa waktu merupakan hal penting dalam memulai bisnis. Jadi, Anda harus memilih waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

6. Buat Keunikan dari Produk Atau Jasa Anda

Tahapan selanjutnya untuk memulai bisnis Anda sendiri adalah dengan menentukan keunikan pada produk atau jasa di bisnis Anda. Karena, di dalam dunia bisnis ada yang namanya persaingan, jadi dengan memulai bisnis Anda harus dapat menentukan keunikan dari produk atau jasa Anda.

Saat ini setiap produk atau jasa harus memiliki daya tarik lebih untuk mendapatkan hati pelanggan. Karena hal ini juga pelanggan dapat mengingat produk Anda di banding dengan produk lain.

Baca Juga : Apa itu Churn Rate: Pengertian, Penyebab dan Cara Untuk Mengatasinya

7. Buat Strategi Untuk Pemasaran Bisnis Anda

Tahapan terakhir dari cara memulai bisnis ini adalah dengan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Tujuan dari strategi pemasaran ini adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon konsumen Anda. Jika Anda melakukan pemasaran yang tepat, semakin banyak orang yang akan mengenali produk Anda.

Setelah melakukan ketujuh cara memulai bisnis di atas, tahapan selanjutnya Anda harus dapat mengatur dan mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, bisnis Anda akan bertahan bahkan berkembang seiring datangnya keuntungan. Dan Anda juga harus dapat melakukan kegiatan pemasaran yang tepat sasaran agar mendatangkan banyak calon pelanggan baru.

Bisnis Anda dapat berkembang jika banyak calon pelanggan yang tahu tentang produk Anda, untuk Anda dapat melakukan beberapa strategi pemasaran yang Anda. iSystem Asia menyediakan aplikasi pemasaran yang akan memudahkan Anda untuk mendapatkan calon pelanggan ataupun mengelola pelanggan yang sudah ada. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki sistem BPM dan CRM yang akan mengotomasi bisnis Anda secara digital.

iSystem Asia juga menyediakan beberapa pelayanan lainnya seperti, CRM dan BPM Technology, Consulting dan Advisory, Training dan Certification. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kontak yang dibawah.

Baca Juga : 4 Ide Untuk Menggunakan Cloud CRM Pada Bisnis Kecil Anda

Diskusikan Kebutuhan Aplikasi Anda Dengan Ahli Kami!



Ingin Respon Lebih Cepat?
Hubungi Account Manager Kami di Whatsapp

Questions? We’ve got answers.

You don’t learn everything in life by reading a manual. So, if you have questions about iSystem Asia products, services, implementation, or anything else, please reach out. Our representative is ready to help.

 

Request for presentation, call our Account Manager.
Ph: +62 21-7883 3022/7883 8714
Email: lissa@i-systemasia.com

 

About Author

iSystem Asia

System Asia is a Management and Technology Consulting Company, focusing on Customer Relationship Management (CRM), Customer Experience Management (CX) and Business Process Management (BPM). Our services range from training, certification, consulting and system implementation.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram