Slider

iSystem Asia Memfasilitasi Workshop “Customer Experience (CX) Professional Class” untuk Perusahaan Logistik ASTRA Group

20 January 2022

Jakarta, 22-23 Oktober 2021 – iSystem Asia di penghujung Oktober ini sukses menyelenggarakan workshop “CX Professional Class” untuk Perusahaan Logistik ASTRA Group, SELOG. Workshop yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut ini telah dihadiri oleh 37 peserta dari berbagai divisi diantaranya Sales, Customer Service, Operation, dan Business Development SELOG di seluruh Indonesia. Workshop diadakan secara online bersama para praktisi CRM (Customer Relationship Management) dan CX (Customer Experience), yakni Ibu Aina Neva Fiati, S.E, P.CRM yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun di bidang CRM, CX, dan BPM. Ibu Aina dalam workshop ini banyak memberikan wawasan terkait CX seperti customer centric culture, CX framework & customer strategy, dan maturity model.  Selain itu, pada hari kedua workshop difasilitasi oleh Pak Andie Ahmad P.CRM, yang telah memberikan wawasan terkait brand perception, customer journey dan contoh nyata penerapan CX.

Workshop “CX Professional Class” dibuka dengan paparan gambaran dunia logistic dan hubungannya dengan membangun pengalaman pelanggan oleh Ir. Ananta Dewandhono, MM, MBA, ESLog, selaku Ketua Dewan Pembina Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) dan selaku Komisaris Utama iSystem Asia. Beliau menuturkan gambaran mengapa customer experience management adalah garis depan selanjutnya dalam supply chain logistics dan peranan customer experience saat ini semakin diakui sebagai sesuatu hal vital untuk supply chain operations – dengan mengungkapkan hasil riset terkait.

Customer Experience adalah tentang bagaimana menciptakan suatu pengalaman yang berkesan (memorable) dengan mengutamakan pelanggan sebagai yang poros utama. Ini membutuhkan fokus yang kuat pada pengalaman yang dimiliki pelanggan dengan suatu merek/perusahaan/organisasi. Ini mencakup semua yang disentuh, didengar, ditangani, atau dilihat pelanggan saat mereka berinteraksi dengan produk atau layanan baik sebelum, saat, setelah (pre, in, post). CX mengharuskan perusahaan atau organisasi untuk lebih peduli dengan pelanggan mereka dan melayani mereka dengan cara terbaik.

“Ketika produk menjadi sebuah komoditas, maka daya tarik utamanya berasal dari Customer Experience (CX).  Penting bagi kita untuk memastikan bahwa perusahaan telah menggunakan strategi CX di setiap interaksi dengan customer.Ujar Ibu Aina Neva Fiati, selaku fasilitator “Customer Experience (CX) Professional Class” sekaligus Managing Director iSystem Asia.

Hari kedua juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam workshop, pada hari itu para peserta dikelompokkan menjadi beberapa grup untuk saling berdiskusi dalam mengerjakan latihan proyek CX, kemudian peserta melakukan presentasi dalam hal membuat customer strategy, customer persona, dan mendesain customer journey sesuai dengan studi kasus pada masing-masing kelompok. Tidak hanya itu, masing-masing grup juga memberikan ide kreatifnya yang berkaitan dengan metode CX di tiap studi kasus. Hal ini dilakukan untuk melatih pola pikir yang lebih customer centric, relevan, dan tersistematis.

 

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram