Slider

3 Kunci Sukses Transformasi Bisnis di Era Digital

28 August 2018

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta – Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi informasi menuntut setiap pelaku usaha untuk melakukan transformasi bisnis. Hal tersebut karena perkembangan teknologi mendorong kompetisi bisnis yang semakin ketat serta perubahan perilaku konsumen. Pelaku usaha yang tidak mampu atau bahkan tak mau melakukan transformasi bisnis maka harus siap-siap menghadapi terjangan gelombang disrupsi.

Transformasi bisnis memang bukan perkara mudah. Tak jarang, pelaku usaha yang sudah siap melakukan perubahan harus menghadapi transformasi yang tak berjalan mulus dan berakhir pada kegagalan. Hal itu tentu akan memberi dampak negatif karena ongkos tranformasi tidak murah.

Sebenarnya, apa kunci sukses agar transformasi bisnis bisa berjalan mulus dan efektif? Simak ulasan tiga kunci sukses transformasi bisnis berikut ini.

  1. Adaptasi

Kunci sukses pertama yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha untuk sukses dalam transformasi bisnis adalah sikap adatif terhadap perubahan yang terjadi. Sebagaimana disampaikan oleh Charles Darwin: bukan yang terkuat, terbesar, atau terpandai, melainkan yang paling adaptif menghadapi perubahan yang akan dapat bertahan.

Sikap adaptif inilah yang tengah diupayakan secara mati-matian oleh beberapa perusahaan dewasa ini. Anda bisa melihat perusahaan-perusahaan besar di sektor perbankan melakukan berbagai inovasi teknologi dan transformasi digital dalam menghadapi kehadiran fintech. Atau perusahaan-perusahaan besar di sektor transportasi yang berupaya adaptif mengikuti perkembangan teknologi dalam menyiasati gempuran perusahaan taksi online.

  1. Kolaborasi

Kunci sukses kedua transfromasi bisnis adalah sikap kolaborasi. Saat ini pelaku usaha sangat disarankan untuk memilih jalan kolaborasi daripada berjuang melawan gelombang disrupsi. Sebagaimana disampaikan oleh pepatah dari Afrika: jika ingin pergi cepat, pergilah sendiri. Namun jika ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama.

Anda bisa meniru kerendahan hati Blue Bird yang memilih untuk melakukan kolaborasi dengan Go-Jek. Pada Maret 2017, Blue Bird melakukan kerja sama dengan Go-Jek yang menghasilkan produk bernama Go-Bluebird.

  1. Berbagi

Terakhir, setiap pelaku usaha harus memiliki sikap untuk selalu berbagi dalam menghadapi era digital yang serba terbuka seperti saat ini. Berbagi bukan hanya soal materi, namun juga soal pengalaman dan pengetahuan. Berbagi juga bukan hanya dalam ruang lingkup media sosial, namun juga pertemuan dan tatap muka langsung.

 

Salah satu wadah terbaik untuk berbagi adalah kegiatan Accelerate bpm’online Global Tour 2018 yang akan digelar di The Westin, Jakarta, pada tanggal 30 Agustus 2018 mendatang. Di tempat ini Anda akan bertemu dengan para pemimpin teknologi dan bisnis yang saling berbagi ide, gagasan, dan pengalaman tentang bagaimana mengakselerasi pertumbuhan bisnis serta mengetahui cara agar perusahaan dapat bertransformasi dan beradaptasi dengan lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi.

Kegiatan yang digelar mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB ini akan berlangsung dalam beberapa format seperti seminar, presentasi utama, lokakarya, dan tanya-jawab. Kegiatan ini tidak dipungut biaya bagi pelanggan dan mitra. Para calon peserta yang tertarik mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan diri di daftar.

 

Source of media: Warta Ekonomi
August 28, 2018
https://www.wartaekonomi.co.id/read192805/3-kunci-sukses-transformasi-bisnis-di-era-digital.html

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram