Slider

Kado Terbaik untuk Pelanggan

8 January 2018 - Aina Neva Fiati SE, CCP, PCRM

Pada tahun 2020, diproyeksikan bahwa pengalaman pelanggan akan menyalip harga dan produk yang selama ini menjadi penentu. Teknologi akan makin modern, pelanggan semakin berpengetahuan dan semakin kritis terhadap produk atau jasa yang informasinya sudah dicerna lebih dahulu.

Oleh karena itu, memasuki era saat ini, pengalaman pelanggan sangat diharapkan. Sudah saatnya meraih layanan prima (excellent service) apapun bisnis Anda. Layanan prima adalah cara untuk melayani pembeli (pelanggan) dengan sebaik-baiknya.

Layanan prima dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan. Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan.

Vincent Gespersz, profesor bidang teknik sistem dan manajemen industri menjelaskan bahwa kualitas pelayanan memiliki dimensi-dimensi seperti:

 

  • Kecepatan waktu pelayanan
  • Akurasi / ketepatan pelayanan
  • Kesopanan dan keramahan pelaku usaha
  • Tanggung jawab dalam menangani komplain pelanggan
  • Jumlah petugas yang melayani dan fasilitas pendukung lainnya

 

Kualitas pelayanan yang berkaitan dengan lokasi pelayanan, ketersediaan, informasi, dan petunjuk / panduan lainnya. Kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kenyamanan, fasilitas, teknologi, dan lain-lain.

Dr. Patricia Patton dalam bukunya Service With Emotional Quotient menyebutkan bahwa pelayanan yang terbaiklah (service excellent) yang bisa membedakan kualitas pelayanan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Karena itu, diperlukan tiga paradigma pengikat yang bisa menjadikan pelayanan biasa yang anda lakukan menjadi istimewa. Yaitu : Pertama, bagaimana memandang diri sendiri, kedua bagaimana memandang orang lain dan, ketiga bagaimana memandang pekerjaan.

Kuncinya, ketika pelanggan merasa bahwa mereka telah menerima sedikit tambahan tak terduga dalam bentuk usaha ekstra. Inilah layanan prima, datang tidak terduga seperti senyuman, ucapan positif, tindakan kebaikan yang acak atau usaha tambahan bekerja ekstra.

Berkat teknologi modern, pelanggan dapat memberikan ‘umpan balik instan’, terlibat dan memilih varian produk yang berbeda. Inilah peluang kita untuk meningkatkan produk atau layanan. Di samping secara bersamaan membangun sistemnya.

Layanan prima adalah kado, maka dengan demikian segera berikan kepada pelanggan Anda.

About Author

Managing Director of iSystem Asia/PT Inter Sistem Asia, Management & IT consulting company, specializing in CRM & Business Process Management.

More than 20 years professional experiences in the IT, CRM, sales & marketing and business development from the ground up-starting with the very start-up phases all the way to the managerial phases. Various industries background, include: IT, manufacture, telecommunication, financial services.
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Youtube
  • Instagram