Customer Experience Management (CX) In-House Workshop: PT Serasi Autoraya

July 23, 2018

PT Serasi Autoraya atau yang lebih dikenal dengan SERA sebagai perusahaan yang terus bertumbuh dan bertransformasi dari perusahaan jasa penyewaan kendaraan menjadi jasa solusi transportasi, penjualan kendaraan bekas, dan jasa pengelolaan logistik. SERA menilai bahwa pelayanan yang baik terhadap customer memegang peranan penting.

Membangun pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi bagian penting dalam strategi perusahaan. Pengalaman adalah tahap utama untuk mendapatkan hati pelanggan. Pada tahap ini, pelanggan tidak sekadar memperoleh informasi produk/layanan, tapi pelanggan merasakan dan mengalami sendiri keterlibatan dengan produk maupun layanan dari sebuah merek. Logikanya, sesuatu yang menyentuh sisi pengalaman akan tertanam mendalam di hati pelanggan. Pengalaman yang baik mendorong orang membagikanya kepada orang lain.

Untuk menunjang maksud tersebut pada tanggal 11-12 Juli 2018 yang lalu, SERA mengundang iSystem Asia untuk memberikan Customer Experience Management (CX) In-house Workshop bagi Pimpinan Cabang PT Serasi Mitra Mobil (mobil88) dari sembilan kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Balikpapan, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

In-house workshop diadakan di mobil88 Cilandak – Jakarta selama dua hari. workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Ibu Renata Indriana selaku General Manager CRM PT Serasi Autoraya, dihadiri oleh 31 orang peserta dengan penuh antusias dan interaktif, pada penghujung hari kedua workhsop Customer Experience Management (CX) ini dihadiri oleh Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan selaku Presiden Direktur PT Serasi Mitra Mobil (mobil88) untuk memberikan sambutan dan penutupan wokrshop. Pemberian sertifikat secara simbolis kepada peserta workshop diberikan oleh Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan selaku Presiden Direktur PT Serasi Mitra Mobil (mobil88) dan Ibu Aina Neva Fiati selaku Managing Director PT Inter Sistem Asia (iSystem Asia).

Fokus pembahasan pada workshop ini menitikberatkan pada pemahaman mengenai Customer Centric Culture, CX Framework & Strategy, Customer & Employee Persona, dan Customer Journey & measurement. Customer Experience (CX) mengacu pada pengalaman pelanggan dengan perusahaan atau merek, di semua touchpoints. Sebuah touchpoint adalah cara apa pun yang digunakan pelanggan untuk berinteraksi dengan merek, seperti saat membeli atau menggunakan produk atau melihat iklan yang menampilkannya. Semua organisasi harus menanamkan Strategi Customer Experience (pengalaman pelanggan) yang memfokuskan pada ‘tiga komponen’ yaitu: Emotional, Functional, & Accessible.

Customer Experience (CX) adalah jumlah semua pengalaman yang dimiliki pelanggan dengan produk/jasa, perusahaan atau sebuah merek, selama jangka waktu hubungan mereka dengan produk/jasa, perusahaan atau sebuah merek tersebut. Ini dapat mencakup kesadaran, pengetahuan, keterlibatan, ketertarikan, interaksi, pembelian, penggunaan, dan advokasi

..People buy experiences, not products..

www.i-systemasia.com